HADIST ETIKA PERGAULAN LAKI DAN PEREMPUAN
1- عن عبد الله بن عمرو بن العاص قال: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قام على المنبر فقال: لا يدخلن رجل بعد يرمي هذا على مغيبة الا ومعه رجل أو اثنان
2- قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا يخلون أحدكم بامرأة الا مع ذي رحم محرم
3- عن عبد الله بن مسعود قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: قال الله عز وجل: إن النظر سهم من سهام إبليس مسموم, من تركه من مخافتي أبدلته إيمانا يجد حلاوته في قلبه (أخرجه الطبراني)
4- قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إذا خطب أحدكم المرأة فلا جناح عليه ان ينظر إليها ....
Arti Hadis :
1. Janganlah seseorang masuk ketempat perempuan yang ditinggal pergi (suami/keluarga), setelah peristiwa ini, kecuali ia didampingi oleh seorang atau dua orang laki-laki lain.(H.R.Muslim)
2. Rasulullah saw bersabda: Janganlah seorang dari kalian berdua-duaan dengan seorang wanita, kecuali didampingi oleh keluarganya(muhrimnya) (H.R.Bukhari & Muslim)
3. dari ibnu Mas’ud ra berkata: Rasulullah saw bersabda: Allah Azza wa Jalla berfirman: Sesungguhnya pandangan adalah panah dari panah-panah syaitan yang beracun, maka barang siapa yang meninggalkannya karena takut kepada-Ku, niscaya aku akan menggantinya dengan keimanan yang manisnya dapat dirasakan dalam hatinya. (H.R.Thabrani)
Tafsir kosa kata penting:
لا = merupakan kata yang digunakan untuk menegasikan kalimat atau membuat kalimat larangan yang berkonotasi haram/makruh
مغيبة = perempuan yang ditinggalkan bepergian oleh suami atau keluarganya
يخلو = diambil dari kata khalwat yang artinya berdiam di tempat yang sepi
ذو محرم = kerabat laki yang tidak halal untuk dinikahi selamanya
سهام الشياطين = panah-panah Syaithan, ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan segala sesuatu yang berpotensi besar untuk mejerumuskan seseorang dalam kemaksiatan dan berbagai penyimpangan.
Asbab al-wurud hadis (1)
Diceritakan dalam riwayat bahwa shahabat Abu Bakar al-Shiddiq pada suatu saat menjumpai anaknnya Asma sedang dikunjungi oleh seseorang di rumahnya. Ia sangat marah dan menceritakan hal ini kepada Rasulullah saw, maka Beliau bersabda sebagaimana dalam hadis tersebut di atas.
Asbab al-Wurud Hadis (3)
Konon diceritakan seorang laki-laki datang kepada Rasulullah saw dengan kepala berdarah. Kemudian Rasulullah saw bertanya, kenapa kepalamu sampai berdarah? Ia menjawab: ini adalah hukuman Allah kepada saya, karena tadi ketika di jalan saya melihat seoarang wanita dan terus memandanginya sehingga tanpa sadar kepala saya terbentur disebuah tiang. Kemudian Rasulullah saw bersabda seperti hadis di atas.
Makna ringkas Hadis:
Dari uraian di atas dapat jelaksan bahwa hadis-hadis di atas sedikit mengungkapkan beberapa adab pergaulan antara laki-laki dan wanita, yaitu agar menghindari berdua-duan di tempat yang sepi, karena hal ini sangat berpotensi untuk menjerumuskan pelakunya dalam perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah, dan berdasarkan sebab terbitnya hadis juga untuk menghindari fitnah berupa kemarahan suami atau keluarga, timbulnya prasangka yang tidak baik terhadap pelaku dari orang-orang yang ada di sekitarnya.
Demikian juga kita dilarang untuk melihat lawan jenis. Larangan ini terutama ditujukan kepada kaum laki, karena sangat berpotensi untuk tergoda melakukan tindakan yang diharamkan. Berbeda dengan perempuan yang umumnya mereka tidak mudah tergoda oleh lawan jenisnya dengan hanya melihat, dan mereka sangat berpeluang untuk dilecehkan, tidak sebaliknya. Larangan ini berlaku kalau dalam memandang perempuan ini tidak ada keperluan yang mengharuskan seseorang untuk melihat, seperti untuk menikah, maka laki dan perempuan dianjurkan untuk melihat pasangannya, dalam transaksi jual beli dan keperluan lainnya, seperti yang digambarkan dalam hadis ke empat di atas.
HADIS TENTANG ETIKA BERPAKAIAN
5- عن عبد الله بن عمر أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن الذي يجر ثيابه من الخيلاء لا ينظر الله إليه يوم القيامة. (رواه مسلم)
Artinya: dari Abdullah bin Umar ra bahwa Rasulullah saw bersabda: sesungguhnya orang yang menguraikan pakaiannya karena sombong dia tidak akan diperdulikan oleh Allah swt pada hari kiamat.
6- عن ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لعن الواصلة والمستوصلة والواشمة والمستوشمة. (رواه مسلم)
Artinya: dari ibnu Umar ra bahwa Rasulullah saw melaknat orang yang meyambung dan disambung rambutnya, dan memasang tato dan bertato
7- عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "صنفان من أهل النار لم أرهما قوم معهم سياط كأذناب البقر يضربون بها الناس ونساء كاسيات عاريات مميلات مائلات رؤسهن كأسنمة البخت المائلة لا يدخلن الجنة ولا يجدن ريحها ليوجد من مسبرة كذا وكذا"
Artinya: dari Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw telah bersabda: dua golongan ahli neraka yang aku belum lihat sekarang, yaitu kaum yang memegang cemeti seperti ekor kerbau yang digunakan memukul orang dan perempuan yang berpakaian tetapi telanjang kepalanya digoyang-goyangkan seperti pungguk unta yang bergoyang-goyang mereka tidak akan masuk surga dan mencium baunya yang dapat dicium dari jarak sekian-sekian.”
HADIS-HADIS TENTANG PENDIDIKAN ANAK
1- عن الحا كم عن ابن عباس رضي الله عنه عن البي صلى الله عليه وسلم قال: افتحوا على صبيانكم أول كلمة بلا اله الا الله "
Dari ibn Abbas ra, Rasulullah saw bersabda: “mulailah dengan anak-anak kalian dengan mengucapkan kalimat tauhid” (H.R.Hakim)
2- عن أبي داود عن ابن عمرو بن العاص عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "مروا أولادكم بالصلاة وهم أبناء سبع سنين واضربوهم علبها وهم أبناء عشر وفرقوا بينهم في المضاجع "
Dari ibn Amr bin Ash ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “ perintahkan anak-anak kalian untuk shalat ketika berusia 7 tahun, dan pukullah mereka karena meninggalkan shalat saat usianya 10 tahun, dan pisahkan tempat tidur mereka.”
3- روى الطبراني عن علي أن البي صلى الله عليه وسلم قال: " أدبوا أولادكم على ثلاث خصال: حب نبيكم وحب ال بيته وتلاوة القران
Dari Ali ra bahwa Rasulullah saw bersabda: “didiklah anak-anak kalian tentang tiga hal: mencintai Nabi kalian, mencintai keluarganya, dan membaca al-Qur’an”
8- عن أبي هريرة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: من تعلم العلم وهو شاب كان كوشم في حجر ومن تعلم العلم بعد ما يدخل في السن كان كالكاتب علر ظهر الماء
Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: “siapa yang menuntut ilmu ketika masih belia, seperti mengukir di atas batu, dan siapa yang menuntut ilmu ketika sudah berusia senja, seperti orang yang menulis di permukaan air.”
TANGGUNG JAWAB ORANG TUA KEPADA ANAK
1- قال الرسول صلى الله عليه وسلم : كلكم راع وكلكم مسؤل عن رعيته الرجل راع في أهله ومسؤل عن رعيته والمرأه راعية في بيت زوجها ومسؤلة عن رعيتهما
2- روى ابن حبان عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال: رحم الله والدا أعان ولده على بره
3- عن النعمان بن بشير رضي الله عنهما أن أباه أتى به النبي صلى الله عليه وسلم فقال: إني نحلت ابني هذا فقال الرسول صلى الله عليه وسلم: أكل ولدك ه قال لا قال عليه الصلاة والسلام : اتقوا الله واعدلوا في أولادكم (متفق عليه)
4- روى الطبراني بسند جيد عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: كل شيء ليس من ذكر الله فهو لهو او سهو الا أربع خصال: مشي الرجل بين الغرضين وتأديبه فرسه وملاعبته أهله وتعليمه السباحة
5- رواه ابن حبان عن أنس ابن مالك رشي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: الغلام يعق عنه يوم السابع ويسمى ويحاط عنه الأذى فإذا بلغ ست سنين أدب وإذا بلغ تسع سنين عزل عن فراسه فإذا بلغ ثلاث عشرة سنة ضرب على الصلاة والصوم فإذا بلغ ست عشرة زوجه أبوه ثم أخذ بيده وقال: قد أدبتك وعلمتك وأنكحتك أعوذ بالله من فتنتك في الدنيا وعذابك في الأخرة
Terjemah Hadis :
1. Rasulullah saw bersabda: “semua kalian adalah pemimpin dan semua kalian akan diminta pertanggung jawaban terhadap kepemimpinannya, seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganya dan akan diminta tangung jawabnya terhadap apa yang dipimpin dan para istri adalah pemimpin dalam di rumah tangganya dan bertanggung jawab terhadap apa yang dipimpinnya.
2. dari ibnu Hibban Rasulullah saw bersabda: Allah merahmati seorang ayah yang telah menolong anak-anaknya dalam kebaikannya.
3. dari Nu’man bin Basyir ra berkata: bapaknya telah didatangi oleh Rasulullah saw , ia berkata: saya memberikan ini kepada anakku, kemudian Rasul bertanya: apakah kamu juga memberikan anak-anakmu yang lain seperti ini? bapakku menjawab: tidak, maka Rasul saw bersabda: takutlah kepada Allah dan berlaku adillah terhadap semua anak-anakmu.”
4. segala sesuatu yang tidak ada zikir kepada Allah adalah sia-sia, kecuali empat hal: perjalan seorang dengan dua tujuan (memanah), mendidik kuda tunggangan, bersenda-gurau dengan keluarganya, dan mengajarinya berenang.
5. Seorang anak diakikahkan pada hari ketujuh dan diberi nama, dibersihkan dari penyakit, maka apabila dia sudah berumur enam tahun hendaklah dididik, apabila sudah berumur sembilan tahun hendaklah dipisahkan tempat tidurnya, apabila sudah berumur tiga belas tahun, hendaklah dipukul apabila meninggalkan shalat dan puasa, dan apabila sudah berumur 16 tahun hendaklah dinikahkan, kemudian dia memegang tangannya seraya mengatakan: aku telah mendidik dan mengajarmu dan juga menikahkanmu, aku berlindung dari fitnah yang kau bawa di dunia dan siksaanmu di akhirat.
HADIS TENTANG MAKNA PERNIKAHAN
1- عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال: قال لنا رسول الله صلى الله عليه وسلم: يا معشر الشباب من استطاع منكم البائة فاليتزوج فانه أغض للبصر وأحصن للفرج ومن لم يستطع فعليه بالصوم فانه له وجاء (متفق عليه)
TAFSIR KOSA KATA
الشباب = seorang yang berusia antara 15 – 40 tahun, tetapi maksud hadis ini siapa saja yang merasa masih memiliki hasrat terhadap lawan jenisnya (wanita).
البائة = ada dua penafsiran tentang maksud dari kata ini, yaitu jimak (senggama) dan nafkah (ongkos) yang diperlukan dalam sebuah pernikahan.
وجاء = obat atau sesuatu yang dapat menangkal dan menurunkan keinginan atau nafsu seks
MAKNA RINGKAS HADIS
Dalam hadis di atas ada bebarapa pesan yang dapat diambil yaitu;
1. anjuran untuk menikah. Anjuran ini bersifat kondisional, artinya dia dapat berarti kewajiban bagi seseorang yang mampu secara pisik. Mental dan finansial, dan khawatir kalau tidak menikah akan melakukan perbuatan yang diharamkan, atau anjuran ini berarti sunnat, yaitu bagi mereka yang sudah mampu tetapi tidak ada kekhawatiran untuk terjerumus kepada hal-hal yang diharamkan, seperti zina.
2. hikmah pernikahan, dalam hadis setidaknya ada dua hal yang merupakan hikmah dari pernikahan, pertama yang berkenaan dengan seorang pria khususnya, yaitu apabila ia menikah, maka dia dapat menyalurkan nafsu seks dan istimta’ lainnya secara halal, sehingga dia tidak akan mudah tergoda oleh semua yang datang dari penglihatan. Hikmah kedua adalah khususnya bagi wanita, yaitu dapat terjaga kehormatannya, tidak mudah dilecehkan oleh orang dan akan terlindungi dari berbagai macam bahaya terutama yang kaitannya dengan seks, seperti pemerkosaan, karena ia punya suami yang akan melindungi dan menjaganya. Dan ketiga secara sosial pernikahan akan meminimalisir terjadinya seks bebas
3. Rasulullah saw memberikan solusi bagi para pemuda yang belum memiliki kemampuan untuk menikah, agar terhindar dari perzinahan hendaknya memperbanyak kegiatan-kegiatan positif, salah satunya adalah puasa yang merupakan ibadah yang melatih kemampuan diri untuk sabar dan mengendalikan nafsu.
HADIST LARANGAN SEKS BEBAS (ZINA)
1- عن ابن عباس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إياكم والزنا فإن فيه أربع خصال يذهب البهاء عن الوجه ويقطع الرزق ويسخط الرحمن ويوجب الخلود في النار (رواه الطبراني)
Artinya: dari ibn Abbas ra berkata Rasulullah saw bersabda: jauhilah perbuatan zina, karena didalamnya ada empat hal; menghilangkan cahaya wajah, memutuskan rizki, membuat murka Tuhan Yang maha Pengasih, dan memnyebakan pelakunya kekal di dalam neraka
TAFSIR KOSA KATA
إياكم = kata ini termasuk ism fi’il amr yang berarti jauhilah kata yang biasa digunakan untuk melarang keras dan sesuatu yang wajib dihindari
الزنا = melakukan hubungan seks diluar nikah, baik dilakukan antara laki dan wanita atau yang sama jenis
البهاء = cahaya wajah, yang dimaksud dalam hadis adalah sesuatu yang menjadikan seseorang dihormati dan dihargai orang lain, ini memang biasanya tercermin dari wajah seseorang
MAKNA RINGKAS HADIS
1. Rasulullah saw menjelaskan tentang hukum zina, yaitu haram berdasarkan kata larangan yang digunakan
2. ancaman untuk pelaku perbuatan zina, yang tidak hanya berupa siksa kelak di akhirat tetapi juga hukuman dunia, mulai dari hukuman pidana dicambuk seratus kali bagi yang belum menikah dan dirajam dengan batu bagi yang sudah menikah, kehilangan kehormatan dihadapan orang banyak kehilangan kesempatan memperoleh rizki yang halal (hukum social) dan dbenci oleh masyarakat yang berperadaban dan beragama
3. menunjukkan perbuatan zina merupakan tindak pidana berat karena tidak hanya berdampak bagi pelaku, tetapi juga bagi orang-orang yang ada disekitarnya (keluarga) serta punya akibat yang berbuntut panjang sampai keanak turunan.
HADIS TENTANG JIHAD
1- عن أنس بن مالك ان النبي صلى الله عليه وسلم قال: جاهدوا المشركين بأموالكم وأنفسكم وألسنتكم (رواه أحمد والنسائ)
2- قال النبي صلى الله عليه وسلم : من أعظم الجهاد كلمة عدل عند الأمام الجائر
3- قال النبي صلى الله عليه وسلم عندما رجع من احد غزواته: رجعنا من جهاد الأصغر الى جهاد الأكبر وهو جهاد النفس
ARTI HADIS
1. Dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah saw bersabda: perangilah orang-orang musyrik dengan harta, jiwa dan lisan kalian
2. Nabi saw bersabda: di antara Jihad yang terbesar adalah mengucapkan kalimat yang benar (adil) di depan penguasa yang zhalim
3. Nabi saw bersabda ketika kembali dari salah satu peperangan: “kita telah kembali dari jihad kecil kepada jihad yang terbesar, yaitu melawan hawa nafsu
MAKNA HADIS
Hadis pertama menjelaskan tentang kewajiban melawan kaum musyrik dengan seluruh potensi yang dimiliki oleh seorang mukmin berupa harta, jiwa dan kemampuan berbicara, baik melalui lisan atau bahasa tulisan. Dan hadis ini konotasinya perlawanan terhadap kaum musyrik secara fisik (jihad)
Hadis kedua menjelaskan tentang bentuk jihad non fisik, yaitu menegakkan kebenaran dengan kemampuan intelektual di hadapan pemimpin-pemimpin atau orang yang memiliki kekuasaan yang zhalim (ijtihad). Termasuk kelompok ini, adalah kaum intelektual yang memiliki pemikiran yang menyimmpang dari tuntunan al-Qur’an.
Hadis ketiga adalah bentuk jihad yang lain yang bisa berwujud tindakan fisik dan non fisik, yaitu melawan kecenderungan-kecenderungan buruk yang ada dalam diri setiap orang (mujahadah an-nafsu), sehingga dia ringan dalam melaksanakan segala perintah Allah dan terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah.
HAM PERSPEKTIF HADIS
عن سليمان بن عمرو الأحوص عن أبيه رضي الله عنه قال: سمعت النبي صلى الله عليه وسلم يقول في حجة الوداع للناس: أيها الناس اسمعوا قولي فإني لا أدري لعلي لا ألقاكم بعد عامي هذا بهذا الموقف أبدا إن دماءكم وأموالكم وأعراضكم بينكم حرام عليكم كحرمة يومكم هذا في شهركم هذا في بلدكم هذا ...الحديث (رواه الترمذي)
Artinya: dari Sulaiman bin Amr al-Ahwash dari Bapaknya berkata: aku mendengar Rasulullah saw berkhutbah pada waktu Haji Wada’: “Wahai sekalian manusia dengarkan perkataanku inim karena aku tidak tahu apakah aku akan bertemu kembali setelah tahun ini di tempat ini selamanya, sesungguhnya darah, harta dan kehormatan kalian dijamin kehormatannya seperti kehormatan hari bulan dan negri ini…
Makna ringkas
Dalam Hadis ini Rasulullah saw menjelaskan tentang hak-hak asasi setiap manusia yang oleh Islam dijamin kehormatannya, yaitu kehormatan jiwa, harta dan kehormatan diri. Para ulama merincikan ketiga hak dasar ini sebagai tujuan dari keseluruhan syari’at Islam yang utama, yaitu : menjaga agama (hifzu al-Din), hak hidup (hifz al-Nafs), kebebasan berpendapat (hifz al-‘Aql), hak memiliki harta (hifz al-Mal), menjaga turunan dan kehormatan (hifz al-Nasab & al-‘Irdh), kelima hal ini kemudian disebut dengan al-Maqashid al-Syari’ah al-Dharuriyah (tujuan syariah yang esensial). Kelima hall ini harus dilihat secara gradual, artinya yang disebut terlebih dahulu lebih diutamakan dari yang lainnya, karena itu dalam rangka memelihara kepentingan yang lebih utama, maka dapat dikorbankan pemeliharaan yang lain. Untuk menjaga kepentingan agama misalnya jiwapun dapat dikorbankan.
HADIS TENTANG HUBUNGAN INTERN UMAT ISLAM
1- عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ... وكونوا عباد الله إخوانا المسلم أخو المسلم لا يظلمه ولا يحذله ولا يحقره التقوى ههنا (ويشير الى صدره ثلاث مرات) بحسب امرئ من الشر أن يحقر أخاه المسلم كل المسلم على المسلم حرام دمه وماله وعرضه (رواه مسلم)
Artinya: dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah saw bersabda: … dan jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara, seorang Muslim saudara bagi muslim lainnya jangan ia menzhalimi, membuat marah dan menghinanya takwa itu ada di sini (sambil Beliau menunjuk ke dada tiga kali) sesuai dengan kejelekkannya seseorang akan menghinakan saudaranya yang muslim, semua orang Islam haram darah, harta dan kehormatannya bagi muslim lainnya.
2- عن النعمان بن بشير قال: قال رسو الله صلى الله عليه وسلم: مثل المؤمنين في توادهم وتراحمهم تعاطفهم مثل الجسد إذا اشتكى منه عضو تداعى له سائر الجسد بالسهر والحمى (متفق عليه)
Artinya: Nukman bin Basyir ra berkata; Rasulullah saw bersabda: perumpamaan orang-orang Mukmin yang saling mencintai, menyayangi dan mengasihi adalah seperti satu jasad, apabila salah satu anggota badan mengeluh sakit, maka seluruh anggota badan meriang dan mengalami demam.
HADIS TENTANG HUBUNGAN ANTAR UMAT BERAGAMA
1- عن أبي هريرة رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: لا تبدأوا اليهود والنصارى بالسلام وإذا لقيتم أحدهم في الطريق فاطروه الى أضيقه (رواه الترمذي)
2- عن ابن عمر رضي الله عنهما قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: إن اليهود إذا سلم عليكم أحدهم فانما يقول السام عليك فقل عليك (رواه الترمذي)
3- عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده ان النبي صلى الله عليه وسلم كتب كتابا بين المهاجرين والأنصار ...: 10- يهود بني عوف أمة مع المؤمنين لليهود دينهم وللمسلمين دينهم الا من ظلم وأثم فانه لا يوتغ الا نفسه وأهل بيته 11- ان على اليهود نفقتهم وعلى المسلمين نفقتهم وإن بيننهم النصر على من حارب أهل هذه الصحيفة (رواه أحمد)
Arti Hadis :
1. dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: Janganlah kalian memulai mengucapkan salam kepada orang Yahudi dan Nasrani, dan apabila kalian bertemu dengan salah satu mereka di jalan, maka sempitkan jalan mereka
2. dari ibnu Umar ra berkata: Rasulullah saw bersabda: sesungguhnya Yahudi apabila mengucapkan salam kepada kalian, mereka mengatakan al-saamu alaika ( semoga kalian sial), maka katakana kepada mereka; kamu juga
3. dari Amr bin Syu’aib dari bapaknya, dari kakeknya bahwa Rasulullah saw menulis sebuah UU yang berlaku bagi semua Muhajirin, Ashar dan kelompok lainnya….: 10- Yahudi bani Auf merupakan satu umat dengan orang-orang Mukmin, bagi Yahudi agama mereka, dan untuk kaum Muslimin agamanya kecuali bagi orang yang zhalim, atau berdosa, maka sesungguhnya ia telah membinasakan dirinya sendiri dan keluarganya. 11- atas Yahudi nafka mereka, dan atas kaum Muslimin nafkahnya dan sesungguhnya ada kesepakatan untuk saling membantu melawan orang yang memerangi siapa saja yang terlibat dalam perjanjjian ini.
HADIS TENTANG KEPEMIMPINAN
1- عن ابن عمر رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: الا كلكم راع وكلكم مسئول عن رعيته فالأمير الذي على الناس راع ومسئول عن رعيته والرجل راع على أهل بيته وهو مسئول عن هم والمرأة راعية في بيت بعلها وهي مسئولة عنه ... (رواه الترمذي)
2- عن ابن عمر رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: السمع والطاعة على المرء المسلم فيما احب وكره ما لم يؤمر بمعصية فان أمر بمعصية فلا سمع عليه ولا طاعة (رواه الترمذي)
3- عن أبي سعيد قال: فال رسول الله صلر الله عليه وسلم: إن أحب الناس الى الله يوم القيامة وأدناهم منه مجلسا إمام عادل وأبغض الناس الى الله وأبعدهم منه مجلسا إمام جائر (رواه الترميذي)
Arti Hadis
1. dari Ibnu Umar ra dari Nabi saw bersabda: ingatlah semua kalian adalah pengembala dan semua kalian akan ditanya tentang pengembalaan kalian, seorang pemimpin umat adalah pengembala dan akan ditanyai tentang pengembalaannya, seorang laki-laki menjadi pengembala di rumah tangganya dan akan ditanya tentangnya dan seorang perempuan menjadi pengembala dirumah suaminya dan akan ditanya tentangnya…
2. dari ibnu Umar berkata; Rasulullah saw bersabda; kewajiban seorang muslim untuk mendengarkan dan taat (kepada pemimpinnya) pada apa yang dia sukai atau tidak sukai selama dia tidak diperintahkan mengerjakan kemaksiatan, maka jika dia diperintahkan mengerjakan maksiat tidak boleh dia mentaatinya.
3. Dari Said ra berkata: Rasulullah saw bersabda: orang yang paling dicintai oleh Allah pada hari kiamat dan paling dekat dengan-Nya adalah Imam yang adil. Dan orang yang paling dimurkai oleh Allah pada hari kiamat dan paling jauh adalah imam yang zalim/lalim.
Makna Ringkas Hadis
1. hadis ini menjelaskan tentang tanggung kewajiban dan tanggung jawab seorang pemimpin disemua tingkatan kepemimpinan. Di mana oleh Nabi saw seorang pemimpin itu diibaratkan sebagai pengembala binatang ternak. Setidaknya ada tiga tanggung jawab seorang pengembala atau pemimpin, yaitu; a. melindungi dan menjaga rakyatnya dari marabahya baik fisik atau non fisik. b. memenuhi kebutuhan gembalaannya (rakyat) baik sandang-pangan atau kebutuhan ruhaniyahnya seperti pendidikan, agama, dan lain-lain. c) mengarahkan dan mengontrol rakyatnya agar selamat sampai tujuannya baik tujuan duniawi atau tujuan ukhrawinya.
2. hadis ini menjelaskan tentang kewajiban rakyat yang dipimpin. Di mana mereka harus mentaati semua perintah dan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemimpinya apapun bentuk perintahnya, selama itu tidak bertentangan dengan syariat Islam.
HADIS TENTANG AMAR MAKRUF & NAHI MUNKAR
1- عن حذيفة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: والذي نفسي بيده لتأمرن ولتنهون عن المنكر او ليوشكن الله ان يبعث عليكم عقابا منه ثم تدعونه فلا يستجاب لكم (رواه الترمذي)
2- عن ابي سعيد الخدري رضي الله عنه قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: من رأى منكم منكرا فليغير بيده فإن لم يستطع فبلسانه وإن لم يستطع فبقلبه وذلك أضعف الإيمان (رواه مسلم)
Arti Hadis;
1. dari Huzaifah ra dari Rasulullah saw bersabda: demi Yang jiwaku berada dalam genggaman kekuasaan-Nya hendaklah kalian menyeru kepada yang makruf dan mencegah kemunkaran atau Allah swt sebentar lagi akan menurunkan siksa dari pada-Nya, kemudian kalian berdo’a tetapi tidak dijawab.
2. Abu Said al-Khudri ra berkata; Saya mendengar Rasulullah saw bersabda; barang siapa melihat kemunkaran hendaklah merubahnya dengan tangannya, kalau tidak mampu, maka dengan lisan, dan jika tidak mampu, maka hendaklah dengan hati (niat/ do’a), yang demikian itu merupakan selemah-lemah iman
Tafsir kosa kata
1. al-ma’ruf = segala sesuatu yang baik menurut masyarakat dan diterima atau tidak bertentangan dengan syari’ah, sebaliknya dari al-munkar yaitu segala sesuatu yang bertentangan dengan syari’ah meskipun dianggap baik oleh masyarakat
2. رأى = berarti mengetahui dengan pasti bukan perkiraan tetapi pengetahuan yang didasari oleh dalil atau argumen yang jelas
بيده = kata ini bisa dakan pengertian tangan secara fisik, dan bisa juga berarti keukasaan yagn dimiliki seseorang
لسان = segala bentuk komunikasi yang mungkin dilakukan baik melalui media cetak atau elektronik
Makna Ringkas Hadis
1. dalam hadis ini Rasulullah saw menjelaskan tentang kewajiban untuk melaksanakan amar makruf dan nahi munkar dengan seluruh kemampuan yang ada dan media yang mungkin. Dan kewajiban ini bersifat kolektif (fardhu kifayah) sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah swt yang artinya: “ hendaklah ada di antara kalian sekelompok orang yang mengajak kepada kebaikan dan menyeru yang makruf dan mencegah yang munkar … (Q.S. Ali ‘Imran, 4:104)
2. dalam hadis kedua Rasulullah mengajarkan kepada umat Islam bagaimana seharusnya bersikap dalam mengahadapi kemunkaran yang nyata dan terjadi didepan mata. Di mana seseorang dituntut untuk menghentikan peyimpangan tersebut dengan seluruh kemampuan yang dimilikinya, mulai dengan menggunakan tindakan pencegahan secara langsung dengan tangan atau kekuasaan, tentu saja dengan memperhatikan situasi dan kondisi serta mempetimbangkan prinsip-prinsip dakwah yang efektif..
بسم الله وبحمده
بسم الله وبحمده
9- عن عبد الله بن عمر أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن الذي يجر ثيابه من الخيلاء لا ينظر الله إليه يوم القيامة. (رواه مسلم)
10- عن ابن عمر رضي الله عنهما أن رسول الله صلى الله عليه وسلم لعن الواصلة والمستوصلة والواشمة والمستوشمة. (رواه مسلم)
11- عن أبي هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "صنفان من أهل النار لم أرهما قوم معهم سياط كأذناب البقر يضربون بها الناس ونساء كاسيات عاريات مميلات مائلات رؤسهن كأسنمة البخت المائلة لا يدخلن الجنة ولا يجدن ريحها ليوجد من مسبرة كذا وكذا"
12- عن جابر قال: قال رسول الله الا لا يبيتن رجل عند امرئة ثيب الا أن يكون ناكحا او ذا محرم.
13- عن عقبة بن عامر أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إياكم والدخول على النساء فقال رجل من الأنصار يا رسول الله أفرأيت الحمو؟ قال: الحمو الموت
14- عن عبد الله بن عمرو بن العاص قال: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قام على المنبر فقال: لا يدخلن رجل بعد يرمي هذا على مغيبة الا ومعه رجل أو اثنان
15- قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا يخلون أحدكم بامرأة الا مع ذي رحم محرم
HADIST TENTANG PROSES KEJADIAN MANUSIA
عن عبد الرحمن بن مسعود رضي الله عنه قال: حدثنا رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو الصادق المصدوق ان احدكم يجمع خلقه في بطن امه أربعين يوما نطفة ثم يكون علقة مثل ذلك ثم يكون مضغة مثل ذلك ثم يرسل اليه االملك فينفخ فيه الروح ويؤمر بأربع كلمات بكتب رزقه وأجله وعمله وشقي أو سعيد (رواه البخاري ومسلم)
Penjelasan Kosa kata penting
بطن = rahim di mana proses penciptaan manusia dijadikan
نطفة = zigot atau ovum perempuan yang telah dibuahi oleh sperma laki
علقة = darah kental yang membeku sebagai hasil proses perubahan zigot
مضغة = segumpal daging dan sudah mulai mempunyai bentuk yang merupakan proses terakhir sebelum tubuh manusia diberikan ruh
االروح = suatu jism yang sangat lembut yang tidak bisa diindra dan menjadikan tubuh bisa hidup dan berkembang, ia juga merupakan potensi-potensi yang
menjadikan manusia berbeda dengan hewan lainnya
Arti hadis :
“ dari Abdurrahman bin Masud ra berkata Rasulullah saw bercerita bahwa sesungguhnya setiap kalian proses kejadiannya terjadi didalam perut (rahim) ibunya berupa zigot selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal darah selama itu juga dan kemudian menjadi sekerat daging selama itu juga, kemudian Allah mengutus malaikat untuk meniupkan ruh dan diperintahkan dengan empat ketentuan, yaitu menulis rizki, ajal, amal dan susah senangnya.” (H.R.Bukhari dan Muslim)
Rangkuman hadis
Dari uraian hadis di atas terlihat jelas bahwa manusia dalam proses kejadiannya melewati beberapa tahapan, di mana setiap tahapan berlangsung sekitar empat puluh hari. Dan ruh mulai ditiupkan oleh Allah swt setelah kurang lebih seratus dua puluh hari yang berarti bahwa manusia benar-benar hidup dalam arti yang sebenarnya setelah pase ini.
Dalam hadis juga dijelaskan bahwa manusia terdiri dari dua unsure, yaitu unsure jasmani berupa pisik yang tidak berbeda dengan hewan lainya dan unsure rohani yang menjadikan manusia berbeda dengan hewan lainnya.
Juga dijelaskan bahwa sejak awal ada empat hal yang sudah ditentukan ketetapannya oleh Allah swt kepada setiap manusia, yaitu rizki, ajal atau umur, amal perbuatan dan senang-susahnya.
PROSES PENCIPTAAN ALAM
عن ابي هريرة رضي الله عنه قال أخذ رسول الله صلى الله عليه وسلم بيدي فقال خلق الله عز وجل التراب يوم السبت وخلق فيها الجبال يوم الاحد وخلق الشجر يوم الاثنين وخلق المكروه يوم الثلاثاء وخلق النور يوم الاربعاء وبث فيها الدواب يوم الخميس وخلق ادم عليه السلام بعد العصر من يوم الجمعة في اخر الخلق في اخر الساعة من ساعة الجمعة فيما بين العصر الى الليل (رواه مسلم )
Tafsir Kosa Kata Penting
خلق = mengadakan sesuatu dari tidak ada atau menjadikan sesuatu dari materi yang sudah ada
االتراب = tanah dan semua bebatuannya
يوم = kurun waktu tertentu yang diukur dengan ukuran tertentu
السبت = hari di mana tidak ada aktivitas atau kehidupan
الشجر = segala jenis tumbuh-tumbuhan
المكروه = segala sesuatu yang tidak disukai
الدواب = segala jenis binatang baik yang berada di laut, udara dan di darat
Rangkuman makna hadis
Hadis ini menjelaskan tentang proses kejadian bumi dengan segala isinya. Proses kejadian bumi melalui tahapan-tahapan tertentu yang dimulai dengan hamparan tanah dan tidak ada kehidupan di dalamnya. Waktu yang dilalui dalam setiap tahapan dalam hadis disebut dengan kata يوم " ” yang mengandung makna suatu masa yang kadar waktunya tidak diketahui secara pasti. Nama hari yang disebutkan dalam hadis bukanlah dalam pengertian nama-nama hari yang kita kenal sekarang yang terdiri dari 24 jam, tetapi itu menunjukkan urutan-urutan kejadian benda-benda bumi, dan manusia merupakan makhluk bumi yang paling akhir diciptakan.
URGENSI PENDIDIKAN
عن ابي هريرة رضي الله عنه قال قال النبي صلى الله عليه وسلم : ما من مولود الا يولد على الفطرة فأبواه يهودانه او ينصرانه او يمجسانه كما تنتج البهيمة بهيمة جمعاء هل تحسون جدعاء (رواه مسلم )
Artinya : “ Abu Hurairah ra berkata: Rasulullah saw bersabda : tiada dari seorang yang dilahirkan kecuali dilahirkan dalam keadaan suci, maka kedua orang tuanya yang dapat menjadikannya menjadi seorang yahudi, nashrani, atau majusi sebagaimana binatang yang melahirkan keturunan yang sempurna apakah kalian melihat ia itu tidak berhidung dan bertelinga?.”
Tafsir kosa kata penting
الفطرة = kesucian yaitu suatu kondisi di mana jiwa seorang masih belum dipengaruhi oleh berbagai pengalaman, baik berupa pengalaman indrawi atau bathin.
Penjelasan Ringkas Hadis
Dari hadis di atas terlihat bahwa sesungguhnya setiap manusia telah dibekali dengan jiwa yang terdiri dari berbagai macam potensi yang dapat menjadi bekalnya untuk mengarungi kehidupannya di dunia. Dan dengan potensi ini manusia akan mampu menjadi manusia yang berprestasi atau sebaliknya menjadi manusia yang hina dan rendah, karena potensi ini merupakan suatu kekuatan yang kalau dikembangkan dengan cara yang baik yaitu melalui pendidikan dan agama, maka dia akan menjadikan manusia itu menjadi orang yang baik, tetapi sebaliknya kalau potensi ini di sia-siakan atau dikembangkan dengan pendidikan yang tidak baik dan jauh dari ajaran agama, maka manusia ini akan terjerumus ke dalam jurang kehinaan. Dan lingkungan sangat mempengaruhi pendidikan seorang manusia, terutama lingkungan yang terdekat yaitu bapak dan ibu.
MOTIVASI BELAJAR
روي عن انس بن مالك رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم طلب العلم فريضة على كل مسلم (رواه ابن ماجه )
Artinya: “ diceritakan dari Anas bin Malik ra beliau berkata: Rasulullah saw bersabda: menuntut ilmu adalah wajib bagi semua orang Islam.”
Tafsir kosa kata penting
طلب = mencari sesuatu agar memperoleh apa yang dicari
العلم = pengetahuan yang dibutuhkan untuk dapat menjaga agama, jiwa, akal, harta, keturunan dan kehormatan
فريضة = sesuatu yang kalau dilaksanakan dapat pahala (bernilai ibadah) dan kalau ditinggalkan mendapat dosa
Makna Ringkas Hadis
Islam mewajibkan semua pemeluknya untuk menjadi orang yang berilmu, terutama tentang semua pengetahuan yang dibutuhkannya agar dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Karena kebahagiaan di dunia dan akhirat hanya akan diperoleh kalau kita memiliki ilmu pengetahuan. Ilmu dalam hal ini adalah pengetahuan tentan segala sesuatu yang diperlukan seperti pengetahuan tentang kewajiban kita kepada Allah, kewajiban kepada sesama, dan pengetahuan tentang ilmu-ilmu yang diperlukan untuk kehidupan di dunia ini.
ETIKA PENDIDIK
عن جابر رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا تجلسوا عند كل عالم الا الى عالم يدعوكم من خمس الى خمس من الشك الى اليقين ومن الرياء الى الاخلاص ومن الرغبة الى الزهد ومن الكبر الى التواضع ومن العداوة الى النصيحة (رواه ابو نعيم وابن الجوزي)
Artinya: Jabir berkata: Rasulullah saw bersabda: jangan kalian belajar kecuali kepada guru yang mengajak keluar dari lima hal kepada lima hal yang lain, yaitu dari keraguan kepada keyakinan, dari sifat riya’ kepada keikhlasan, dari ambisius kepada kezuhudan, dari kesombongan kepada kerendahan hati, dan dari permusuhan kepada saling menasihati.” (H.R. Abu Nu’aim dan Ibnu Jauzi)
Tafsir Kosa kata
الشك= pengetahuan yang tidak dilandasi oleh dalil dan argumen yang kokoh, sebaliknya dari yakin, yaitu sesuatu yang dilandasi oleh dalil dan argumen yang kokoh
الاخلاص = sikap dalam beramal yang semata-mata karena pengabdian kepada Allah, sebaliknya dari riya’ yang karena ingin mendapatkan penghargaan dari manusia
الزهد = sifat yang ada pada seseorang sehingga dia selalu menjadikan tujuan segala aktivitasnya adalah akhirat, dan seluruh apa yang ada di dunia dipandang tidak lebih dari sekedar sarana untuk mencapai tujuan akhirat
Makna ringkas
dari uraian di atas jelas bahwa seorang guru setidaknya memiliki beberapa tugas yang harus dia emban, yaitu:
- menghilangkan keraguan orang lain dari kebenaran Islam, dan menjadikan siswanya menjadi orang yang meyakini agamanya
- menghilangkan sifat riya’ dan mengajarkan keikhlasan
- memberantas sifat rakus dan tamak terhadap dunia, serta menjadikan muridnya menjadi orang yang lebih mementingkan kehidupan akhirat
- memberantas sifat sombong dan takabur, serta menjadikan manusia yang rendah hati
- menghilangkan sikap permusuhan dan keharusan untuk selalu menghiasi diri dengan sikap saling nasihat-menasihati
untuk melaksanakan dan suksesnya apa yang menjadi tugas guru atau pendidik tersebut, maka ia harus terlebih dahulu menanamkan lima hal tersebut di atas.
ETIKA ANAK DIDIK
عن عبادة بن الصامت ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : ليس من أمتي من لم يجل كبيرنا يرحم صغيرنا ويعرف لعالمنا (رواه أحمد)
Artinya: dari Ubadah bin Shamit bahwa Rasulullah saw bersabda: tidak termasuk umat kami orang yang tidak menghormati yang besar, tidak mengasihi yang kecil dan tidak mengenal orang alim kita.”
Tafsir Kosa Kata
كبير = orang yang lebih besar, baik dari segi umur, ilmu atau kedudukan
صغير = orang yang lebih kecil baik dari segi usia, kedudukan, ilmu pengetahuan
يعرف = mengenal dan dapat memposisikan seseorang secara proporsional
Makna ringkas
Dari hadis di atas jelas bahwa seorang murid harus menghormati gurunya, karena seorang guru pasti memilki usia atau ilmu atau posisi yang lebih tinggi dari murid, hal ini diperlukan guna tercapainya tujuan pembelajaran dan pendidikan. Demikian juga anak didik harus bisa menempatkan dirinya sesuai dengan posisinya sebagai pencari ilmu, sehingga dia tidak akn segan-segan untuk terus bertanya dan bersikap kritis terhadap sang guru, tanpa meninggalkan rasa hormatnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar